Monolog Makkunrai Go International

Naskah Pidato Monolog Makkunrai mulai go international. Monolog Makkunrai akan tampil di hari ketiga perayaan Festival April 2010 di Jakarta, 15 April mendatang dan dijadwalkan tampil di Darwin, Australia pertengahan Mei bulan depan .

Luna Vidya, dari Makkunrai Project kali ini tidak hanya tampil sebagai pemonolog, tapi sekaligus sebagai penulis naskah dan sutradara dalam produksi dengan durasi sekitar 50 menit.

Contoh Pidato Festival April yang dirayakan pada bulan kelahiran tokoh feminis Indonesia, RA Kartini, pertama kali diselenggarakan Institut Ungu di tahun 2003. Pelaksanaan festival kedua di tahun 2010, mengusung tema "Gemakan Suara Perempuan" yang secara khusus menyoroti masalah pembebasan perempuan.

Menurut Direktur Festival April, Faiza Hidayati Mardzoeki, Festival April bertujuan memberi ruang bagi kreativitas dan pemikiran perempuan Indonesia. Selama 6 hari, dengan mengambil tempat di Goethe Haus, Pusat Kebudayaan Jerman,

TIM dan Kompleks Buruh Cakung, pekerja seni, aktivis dan pemikir perempuan berkumpul mempersembahkan pidato kebudayaan, pertunjukan teater dan monolog perempuan, pemutaraan film, pembacaan surat-surat RA Kartini, musik dan diskusi.

Makkunrai terpilih bersama Teater Sakata, Padang Panjang, mengisi hari ketiga perayaan ekspresi budaya dan seni perempuan Indonesia ini, pada Kamis 15 April 2010, di Goethe Haus. Monolog berjudul "Makkunrai" disadur dari cerita pendek karya Lily Yulianti Farid.

Mengambi kata "Makkunrai" sebagai simbol, kisah ini mewakili protes seorang cucu perempuan terhadap praktik poligami yang dianggap lazim dalam keluarga Bugis. Penampilan Makkunrai di Jakarta, diperkuat oleh Lily sebagai pimpinan produksi, Abdi Karya sebagai manajer panggung dan Hendra Wahyu Tobo, penata musik.

Makkunrai pertama kali diangkat sebagai monolog oleh Luna Vidya pada Maret 2008, yang sekaligus menandai peluncuran buku kumpulan cerita Makkunrai dan dimulainya kegiatan memperkenalkan isu-isu perempuan melalui pertunjukan teater monolog, oleh Luna Vidya dan Lily Yulianti Farid.

Dalam dua tahun terakhir, Makkunrai telah diundang ke festival sastra di Ubud, Singapura, Paris selain secara teratur menggelar pertunjukan dan kegiatan di Makassar. Bulan Mei mendatang, Makkunrai juga dijadwalkan tampil di Festival Sastra Northern Territory, Darwin, Australia. (una)

0 komentar:

Posting Komentar